Kamis, 24 Juni 2010

KONSELING KELOMPOK

KONSELING KELOMPOK

1. Posisi Konselor dalam setting sekolah di Indonesia
Didalam UU RI No 20 Thaun 2003 posisi profesi konselor semakin kokoh dan kepercayaan publik akan semakin kuat, sebab dalam Undang-Undang tersebut dinyatakan bahwa Konselor adalah sebagai salah satu tenaga kependidikan yang bertugas sebagai tenaga ahli yaitu profesi konseling sebagai profesi bantuan yang diabdikan bagi peningkatan harkat dan martabat kemanusiaan dengan cara memfasilitasi perkembangan individu atau kelompok individu sesuai dengan kekuatan, kemampuan potensian dan aktual, serta peluang-peluang yang dimilikinya, dan membantu mengatasi kelemahan dan hambatan yang dihadapi dalam perkembangan dirinya. Konseling sebagai komponen pendidikan mempunyai peranan yang besar dalam rangka memenuhi hak peserta didik untuk mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai denganbakat, minat dan kemampuannya ( Pasal 12 ayat b , UU RI No. 20 Tentang Sisidikna )
Pada tataran makro legalitas secara kelembagaan, keberadaan konselingdi dalam pendidikan dijamin oleh UU No 2 Tahun 1989 dan PP No 28, 29 tahun 1990 , dimana layanan konseling merupakan salah satu layanan yang harus ada dan ditempatkan sebagai salah satu layanan pendidikan di indonesia
Intervensi konseling dalam merealisasikan fungsi pendidikan akan terarah kepada upaya membantu individu. Dalam setting sekolah permasalahan yang dihadapi siswa perlu segera mendapatkan penanganan secara khusus oleh seorang konselor dalam tugas konselingnya. Sehingga diharapkan siswa dapat terpenuhi kebutuhan dalam pengembangan pribadi, pencegahan dan pengatasan masalah dalam kurun waktu yang relatip singkat dan bersamaan.




2. A ) Dinamika kelompok
adalah kekutan-kekuatan interaksi antar anggota kelompok atau atmosfer kelompok yang mendukung atau yang mempengaruhi kehidupan kelompok dalam mencapai tujuan kelompok.
Dinamika kelompok juga dapat diartikan prosedur-prosedur atau proses-proses kelompok yang memiliki aturan-aturan yang diberlakukan dalam kelompok untuk mempermudah kelompokdalam mengatur dan pemecahan masalah kelompok.
B ) Proses Kelompok
Merupaka gerakan yang berkesinambungan , dinamis dan terarah yang mengacu pada dua orang atu lebih yang bekerja sama atsa dasar kebutuhan dan masalah serta atas dasar tujuan tertentu.
Proses kelompok juga dapat diartikan sebagai tindakan dan interaksi yang digunakan oleh kelompok untuk menegembangkan dan mempertahankan identitasnya serta dampak-dampaknya terhadap anggota-anggotanya.
C) Bimbingan Kelompok
adalah kegiatan kelompok dimana pimpinan kelompok menyediakan informasi-informasi yang ebrsifat umum dan mengarahkan diskusi agar anggota kelompok menjadai lebih sosial atau membantu anggota kelompok untuk mencapai tujuan-tujuan bersama
Tujuan bimbingan kelompok adalah untuk memberikan informasi tentang sesuatu yang dibutuhkan anggota kelompok sehingga mempermudah pembuatan keputusan dan tingkah laku.
Pendekatan bimbingan kelompok bersifat prefentip dan developmen/ pengembangan
D) Konseling Kelompok
adalah suatu proses kelompok dimana terdapat hubungan antar pribadi dengan konselor atau pribadi dengan anggota kelompok yang lain yang bersifat dinamis dan terpusat pada pemikiran maupun perilaku yang sadar dan melibatkan fungsi-fungsi terapi seperti sifat permisif, saling pegertian, saling mendukung, saling membantu dan menerima dan saling pengertian.
Topik yang dibahas dalam konseling kelompok bersifat pribadi, oleh sebab itu azaz kerahasiaan dalam pelaksanaannya perlu ditekankan. Pendekatan yang ingin dicapai dalam konseling kelompok adalah bersifat pencegahan/prefentip, pengembangan/ development dan pemecahan masalah / kuratip.
E ) Kelompok Berstruktur
adalah kegiatan kelompok yang diarahkan pada pembahasan dan latihan keterampilan sosial tertentu yang dilakukan secra berstruktur dan didasarkan pada minat dan kebutuhan yang dirasakan bersama di antara anggota kelompok .
Kegiatan kelompok berstruktur dimaksudkan agar setiap anggota kelompok memiliki kesadaran atasa permasalahan hidup, sehingga setiapkelompok mampu melatih cara menanggulanginya.
F ) Training Group ( T. Group )
Adalah kegiatan kelompok latihan yang terpusat pada proses kelompok dan memberikan kesempatan untuk belajar tentang bagaomana belajar dan memusatkan perhatian kepada hal-hal yang terjadi pada saat ini.
Dalam training groupini kegiatan bertujuan untuk membantu individu agar mampu menerapkan apa yang telah didapatkan tentang dinamika kelompok dan hubungan pribadi di dalam kerangka suasana tempat mereka hidup dan bekerja.
G ) Kelompok pertemuan ( Encounter Group )
Adalah kegiatan kelompok yang memberikan suatu pengalaman kelompok yang mendalam yang dirancang unutk membantu orang-orang yang sehat dalam mengembangkan kontak yang lebih baik dengan dirinya sendiri dan dengan orang lain .
Penekanan kegiatan ini adalah memancing emosi dan menyatakan emosi secra utuh oleh sebab itu anggota disuruh / didorong untuk melakukan konfrontasi mengenai permasalahan yang muncul.
H ) Kelompok Sensitivitas
Adalah latihan pada kelompok kecil yang menekankan tingkah laku antar anggota dan inter anggota yang perhatian diberikan pada peran-peran dan proses kellompok.
Hasil yang diharapkan dalam proses kelompok ini meliputi klarifikasi nilai kehidupan, meningkatnya sensitivitas, penerimaan diri dan oranglain.
I ) Kelompok Marathon ( Marathon Group )
Kegiatan kelompok yang hanya terjadai dalam beberapa jam yang anggotanya megekspresikan dan mengekplorasi perasaan, pandangannya terhadap dirinya sendiri dan orang lain dalam bersosialisasi dan berinteraksi .
Tujuan kelompok marathon adalah terjadinya perubahan kepribadian di dalam memehami, mengerti, dan menerima keadaan dirinya.
J ) Kelompok membantu diri sendiri
Adalah bentuk kegiatan kelompok yang membantu diri sendiri dan dimaksudkan untuk melindungi diri sendiri / anggota kelompok dari tekanan-tekanan psikologis dan memberi dorongan kepada setiap anggotanya untuk mulai mengubah kehidupannya secara positip.
Sifat interaksi anatr anggota kelompok adalalah saling tukar pengalaman , saling belajar dengan anggota yang lain, memberikan saran, dorongan kepada anggota lain yang merasa putus asa dan tidak mempunyai harapan lagi dalam mengatasi permasalahan yang dihadapinya.
K ) Perkembangan Organisasi
Adalah kegiatan kelompok yang menekankan pada strategi-strategi tertentu yang difokuskan pada individu dan kelompok yang dirancang untuk membawa perubahan dalam organisasi dalam meningkatkan efektif dan efisiensi dalam mencapai tujuan organisasi.
Asumsi perkembangan organisasi ini adalah dengan adanya perubahan pada individu dan kelompok kearah positip maka akan terjadi pula perubahan kearah positip pada perkembangan organisasi
L ) Psikoterapi Kelompok
Adalah aplikasi prinsip-prinsip terapi yang dipimpin oleh psikiatris/ahli psikologi yang diarahkan kepada dua individu atau lebih secara bersamaan untuk mengklarifikasikan konflik psikologisnya sehinga mereka mampu hidup secara normal.
Ciri utama psikoterapi kelompok adalah adanya analisis yang mendalam , analisis yang berpusat pada ketidak sadaran , dengan gangguan jiwa atau problema emosi lain parah dan dilaksanakan dalam waktu yang relatip panjang.

4 komentar:

CARA BELAJAR EFEKTIF DAN EFISIEN ( BIDANG BELAJAR )

  CARA BELAJAR EFEKTIF DAN EFISIEN Belajar adalah suatu aktivitas yang dilakukan secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari baha...